Pelaksanaan Talent Pool di Kanreg II BKN Surabaya pada Tanggal 18-19 Nopember 2020

Pelaksanaan Talent Pool ini untuk penyusunan JPT dan Administrator Tahun 2020 di BKN Pusat yang diikuti oleh 2000 orang pegawai pemerintah daerah dan pusat di 16 lokasi yang meliputi 12 Kantor Regional, 3 UPT dan Pusbang ASN. Kegiatan Talent Pool 2020 ini menjadi bagian dari Program Stranas Pencegahan Korupsi dimana pelaksanaannya dan pemanfaatannya oleh instansi dimonitor oleh KPK dengan penetapan kegiatan ini sebagai layanan publik tertentu yang wajib Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di BKN sebagai tindak lanjut dari diterbitkan Peraturan Badan  Kepegawaian Negara tentang Pelaksanaan KSWP atas layanan publik tertentu di BKN.

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil pada pasal 131 point (1) berbunyi Pengisian JPT yang lowong melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi dari pejabat yang ada. Sejalan dengan hal itu maka untuk pengisian jabatan melalui mutasi/rotasi antar jabatan diperlukan kesesuaian antara kualifikasi dan kompetensi jabatan dengan kualifikasi dan kompetensi pejabat.

Dalam Permenpan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dijelaskan bahwa hasil Assesment dapat digunakan untuk seleksi berikutnya paling lama 3 tahun.

 

 

 

 

 

Peserta Talent Pool di wilayah kerja Kantor Regional II BKN Surabaya diikuti oleh 3 kabupaten/kota yaitu Kabupaten Blitar, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Tulungagung. Adapun untuk Kabupaten Blitar mendapatkan quota sejumlah 27 peserta terdiri dari 15 orang pejabat Eselon II-b dan 12 orang pejabat Eselon III-a.

Pelaksanaan dilaksanakan selama 2 hari di hari di BKN Kanreg II Surabaya dengan motode sebagai berikut hari pertama tanggal 18 Nopember 2020 peserta digali kompetensinya melalui Analisa Kasus , Proposal Writing dan Psikometri melalui Aplikasi CAT oleh Puskom BKN.

Untuk  pelaksanaan hari kedua tanggal 19 Nopember 2020 peserta digali kompetensinya melalui wawancara dari Dokumen Form Data Pribadi, Form Critical Incident, Form Q Kompetensi yang sudah dibagikan sebelumnya. Untuk Tim Assesor semua dari Puskom BKN.

 

About admin

Check Also

PENGUMUMAN HASIL SANGGAH PELAMAR ASN TH.2021

PENGUMUMAN HASIL SANGGAH KAB.BLITAR TH.2021